Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Produksi ASI dengan Mengonsumsi Buah Semangka


Fakta Penting - Selama menyusui, ibu harus memerhatikan segala hal yang dapat memberikan dampak kepada kualitas dan kuantitas ASI. Salah satu jenis buah yang dapat memberikan manfaat bagi ibu menyusui adalah semangka. Buah ini sudah dikenal sejak lama dapat memberikan banyak manfaat positif karena kandungan vitamin dan mineralnya, berikut manfaat lengkapnya.

1. Mampu memperbanyak produksi ASI

Kandungan vitamin A dalam buah semangka terbukti mampu memperbanyak jumlah ASI pada ibu menyusui. Selain itu, vitamin A sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan mata pada anak serta ibu menyusui. Kandungan mineral yang tinggi, efektif menambah jumlah air di dalam susu ibu, yang membuat bayi dapat dengan mudah menerima ASI.

Rasa semangka yang manis, membuat anak gemar meminum ASI. Kamu dapat mengonsumsi buah ini setiap hari, terutama pada saat kuantitas ASI terlihat menurun. Kamu juga bisa meraciknya menjadi jus, tanpa menggunakan pemanis tambahan.

2. Memenuhi asupan cairan tubuh

Kebutuhan cairan tubuh pada ibu menyusui akan sangat meningkat. Kondisi ini terjadi karena carian di dalam tubuh kamu akan mengalir atau terambil oleh bayi melalui ASI. Beberap pakar laktasi memberikan rekomendasi untuk menambah 4 gelas air mineral diluar kebutuhan air setiap harinya.

Selain memperbanyak tambahan mineral di dalam tubuh, kamu juga dapat mengonsumsi buah semangka. Jumlah kandungan air yang cukup besar pada buah ini mampu membantu pemenuhan asupan cairan tubuh pada ibu menyusui. Sehingga, kamu tidak mudah lemas karena dehidrasi.

3. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun pada bayi yang baru lahir lebih rentan dan masih dalam masa pembentukan. Vitamin C merupakan salah satu unsur yang dapat membantu meningkatkan sistem imun pada bayi. Selain vitamin C, lycopene pada buah semangka juga berfungsi sebagai antioksida untuk peningkatan sistem imun tubuh.

Jadi, dapat disimpulkan, buah semangka tidak hanya memberikan kekuatan tubuh pada ibu menyusui, tetapi juga bayi. Buah ini dapat bekerja efektif sekaligus untuk meningkatkan produksi ASI dengan kandungan zat yang positif di dalamnya.

4. Mencegah depresi pada ibu menyusui

Pasca melahirkan, baik melalui operasi cesar atau dengan normal, ibu akan lebih mudah merasa tidak memiliki stamina. Kelelahan tersebut akan bertambah seiring dengan kebutuhan ASI bayi yang harus dipenuhi oleh ibu. Jika tidak segera ditangani, maka ibu rentan terkena baby blues hingga depresi, karena tidak mampu mengontrol stres di dalam diri.

Kandungan asam folat dalam buah semangka mampu bersinergi dengan berbagai vitamin lainnya untuk mengurangi rasa depresi, stres dan kecemasan yang dialami oleh ibu menyusui. Buah ini akan menghantarkan hormon positif di dalam tubuh, yang membuat kamu merasa lebih rileks dan bahagia.

5. Menjaga kualitas ASI ibu selama menyusui

Kandungan vitamin yang beragam dan melimpah pada buah semangka seperti vitamin A, B, C, asam folat dan mineral lainnya mampu meningkatkan kualitas ASI yang diberikan oleh ibu kepada bayi. Setiap vitamin tersebut memiliki manfaat yang baik bagi bayi. Jika jumlah vitamin dan mineral pada ASI terpenuhi, maka kualitas ASI juga akan semakin baik.

Manfaat buah semangka untuk ibu menyusui ini, dapat kamu rasakan apabila dikonsumsi dengan baik dan tidak berlebihan. Masalahnya, mengonsumsi buah semangka yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan terutama usus. Kandungan lycopene pada semangka juga bisa menyebabkan mual, kembung, muntah, diare dan gangguan pada sistem pencernaan.

Itu tadi manfaat semangka untuk tubuh. Untuk mendapatkan semangka aneka jenis tersebut kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian semangka yang lengkap, di platform ini kamu juga akan mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin semangka yang akan kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Produksi ASI dengan Mengonsumsi Buah Semangka"

List Blog Keren Rajabacklink