Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Cabai Hijau untuk Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Imun!


Fakta Penting - Jika Kamu pencinta makanan pedas, mungkin cabai hijau telah menjadi salah satu bumbu wajib yang ditambahkan ke dalam masakan, bukan? Cabai hijau jelas berbeda dengan cabai merah, bukan hanya dalam hal warna saja, tetapi juga tingkat kepedasannya. Dibandingkan cabai merah atau cabai rawit, tingkat kepedasan cabai hijau tidak sepedas keduanya, sehingga sering dianggap aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lalu seberapa besar manfaat cabai hijau untuk ibu hamil? Selain itu, apa saja efek samping dan batasan makan cabai hijau? Dikutip dari Dr Health Benefits, kini Kami telah merangkum ulasannya khusus untuk Kamu.

1. Menstabilkan imunitas tubuh ibu hamil

Bukan rahasia lagi bahwa Kamu akan lebih rentan terkena virus, bahkan jatuh sakit saat sedang mengandung si Kecil dibanding sebelum hamil. Kabar baiknya, cabai hijau mengandung sejumlah vitamin C yang berguna dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Hanya dengan 100 gram cabai hijau saja sudah memiliki 143,7 mg vitamin C atau setara dengan 237 persen dari nutrisi harian yang direkomendasikan.

2. Berfungsi mengatur kadar dan tekanan gula darah

Cabai hijau atau semua cabai pada umumnya telah terbukti dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kandungan gula yang dimiliki cabai hijau sangat rendah hanya sekitar 5 gram, dan kandungan kalorinya pun tidak kalah rendah, yakni sebesar 40 kkal.

Jenis cabai ini juga mengandung manfaat potasium yang berfungsi mencegah ibu hamil terkena hipertensi.

3. Membantu terhilang dari jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang dihadapi kebanyakan ibu hamil, begitu juga masalah kulit lainnya seperti meningkatnya sensitivitas kulit, munculnya ruam panas, bahkan timbulnya stretch mark.

Jangan sampai jerawat yang muncul menambah tekanan yang dialami selama masa kehamilan. Untuk terhindar dari permasalahan jerawat, maka mengonsumsi cabai hijau bisa menjadi pilihan.

Hal ini dikarenakan cabai hijau mengandung antioksidan dan juga senyawa sehat, sehingga mampu membuat kulit Kamu saat hamil bebas dari noda, termasuk jerawat.

4. Menurunkan risiko terkena kanker

Selama kehamilan, tubuh Kamu telah mengalami banyak perubahan besar di sepanjang perkembangan janin di kandungan. Antioksidan yang terkandung dalam cabai hijau menawarkan perlindungan kanker, terutama kerusakan oksidatif.

Cabai hijau juga memiliki karotenoid, yang merupakan antioksidan untuk mencegah kerusakan DNA dan menurunkan risiko terkena kanker.

5. Memberikan kesehatan pada pencernaan

Saat hamil, sistem pencernaan terkadang berfungsi tidak teratur, bahkan terkadang sampai mengganggu dan menimbulkan malapetaka pada aktivitas sehari-hari ibu hamil.

Cabai hijau diketahui dapat berperan sebagai memperlancar pencernaan, serta meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh.

Maka dari itu, situasi yang kerap dialami kebayakan ibu hamil seperti kram dan kembung dapat dicegah dengan mengonsumsi cabai hijau.

6. Mengandung asupan folat untuk terhindar dari cacat lahir

Folat, asam folat, atau vitamin B9 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf adalah kondisi yang terjadi ketika tulang belakang, otak, dan tengkorak bayi tidak berkembang secara sempurna.

Folat yang terkandung dalam cabai hijau dapat mencegah risiko cacat lahir yang biasanya diakibatkan tidak berkembangnya otak atau sumsum tulang belakang janin di kandungan.

7. Membantu menyembuhkan pilek

Capsaicin hadir dalam bentuk cabai hijau yang bermanfaat sebagai paket lengkap bagi kesehatan ibu hamil. Pertama, berguna menghilangkan sakit atau nyeri tubuh yang banyak dialami oleh ibu hamil saat membawa janin yang semakin hari semakin membesar.

Lalu yang kedua, dapat membantu menyembuhkan pilek. Terkena pilek selama kehamilan tentu bukan hanya berdampak bagi ibu hamil, tetapi juga berdampak besar pada bayi di kandungan dan aktivitas sehari-hari.

Sebagai informasi tambahan, penggunaan cabai telah lama digunakan sebagai obat untuk pilek dan batuk di seluruh dunia.

Nah jadi itulah informasi mengenai manfaat, efek samping serta batasan mengonsumsi cabai hijau. Perlu diingat, untuk tetap memastikan kebersihan cabai hijau sebelum dimasak.

Pastikan untuk mencuci tangan dan mencuci cabai hijau hingga bersih sebelum mengolahnya. Selamat mencoba!

Setelah mengetahui manfaat cabai yang sangat baik untuk ibu hamil. Kamu bisa mendapatkan buah ini dalam kondisi segar yang dipanen langsung dari petani di TaniHub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat.

Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub

Post a Comment for "7 Manfaat Cabai Hijau untuk Ibu Hamil, Bisa Tingkatkan Imun!"