Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 6 Jenis Bahan Sepatu Sneakers Pria Ini Serta Cara Perawatannya

sepatu sneakers pria

Fakta Penting - Saat melakukan aktivitas sehari-hari mayoritas pria lebih memilih berpakaian simple asal nyaman. Salah satu favorite para pria untuk menemani berbagai aktivitas sehari-hari adalah sepatu sneakers. Jenis sepatu ini dinilai cocok dipakai diberbagai kesempatan, baik santai maupun formal. Pemakaian yang terlalu sering tentu akan membuat sneakers mudah kotor, sehingga penting bagi para pria untuk mengetahui cara membersihkan sepatu sneakers dengan tepat.

Hal ini bertujuan agar sneakers tidak mudah rusak akibat cara mencuci atau membersihkan yang kurang tepat. Sepatu sneakers pria sendiri memiliki beragam jenis bahan, dengan demikian cara merawatnya pun akan berbeda. Dibawah ini setidaknya ada 6 macam bahan sepatu sneakers pria beserta cara perawatannya. Yuk simak penjelasannya!

1. Bahan Kanvas

Sepatu dengan bahan ini paling familiar dan mudah ditemui di pasaran. Converse Chuck Taylor adalah satu dari sekian banyak jenis bahan kanvas untuk sneakers. Untuk mencuci sepatu bahan ini kamu perlu tahu tips berikut ini.

Pertama kamu harus membersihkan debu ataupun kotoran yang melekat di kulit sepatu menggunakan sikat sepatu. Kemudian, lepas kedua tali sepatu dan rendam didalam air yang telah dicampur dengan sabun deterjen.

Setelah itu kamu bisa memulai menggosok bagian kulit sepatu dengan larutan sabun menggunakan bantuan sikat gigi bekas. Lakukan gosokan satu arah hingga bersih. Lalu dilanjut dengan bagian sepatu yang lain.

Setelah dipastikan semua bagian telah bersih, bilas dengan air bersih atau kain basah. Kamu tidak perlu mengguyur dengan air hingga basah seluruhnya, sebab hal ini justru bisa membuat lem menjadi rusak. Proses paling akhir adalah mengeringkan. Gunakan kipas angin atau cukup diangin-anginkan semalaman tanpa harus terkena sinar matahari langsung.

2. Bahan Mesh

Bahan ini adalah bahan yang umumnya digunakan untuk sneakers olahraga. Bahan mesh ini cocok untuk olahraga karena ringan dan terdapat rongga-rongga kecil sehingga lebih adem. Cara mencuci dan perawatan sepatu sneakers pria bahan ini tidak jauh berbeda dengan bahan kanvas.

Hal yang kamu perlu perhatikan adalah tingkat kelembutan sikat untuk mencuci. Bahan mesh lebih lembut dibanding bahan kanvas. Untuk membersihkannya, kamu bisa memulai dari bagian midsole sneakers sebelum bagian atas. Langkah ini dilakukan guna mencegah sneakers bagian atas kembali kotor jika dicuci paling akhir. Lalu keringkan sebagaimana sneakers sebelumnya.

3. Bahan Suede

Sneakers dengan bahan suede ini tidak hanya nyaman dipakai tapi juga elegan. Bahan mesh berasal dari kulit hewan pada bagian dalam yang telah disamak. Dilihat dari bahannya, tentu cara merawatnya berbeda dari kedua bahan sebelumnya.


Untuk mencucinya kamu bisa menggunakan sikat khusus sepatu bahan suede. Sikat ini dapat kamu temui di pasaran. Kalaupun tidak ada, kamu bisa mengganti dengan sikat gigi yang cukup kaku. Gosok perlahan satu arah hingga noda yang menempel bisa hilang. Ketika kamu menemui kesulitan menghilangkan noda dengan sikat, bisa diganti dengan penghapus karet dengan cara yang sama.

Jika kotoran masih sulit hilang, kamu bisa gunakan cuka. Caranya mudah, celupkan sehelai kain ke cuka lalu gosok di bagian yang kotor saja. Kemudian biarkan kering. Membersihkan sepatu sneakers pria berbahan suede cukup dilakukan kering alias tanpa banyak air. Penggunaan air justru bisa membuat sepatu mudah rusak.

4. Bahan leather

Sneakers dengan bahan leather memiliki tampilan yang keren. Sneakers bahan ini tidak mudah sobek, sehingga lebih awet, tahan lama. Cara membersihkannya dilakukan dengan teknik khusus. Kamu perlu membersihkan sepatu bahan ini secara rutin agar tetap terlihat mewah.

Kamu bisa memulai membersihkan dengan membuat larutan sabun terlebih dahulu lalu mencelupkan sikat kedalam larutan sabun tersebut. Berbeda dengan sepatu bahan sebelumnya, kamu bisa menggosok dengan gerakan memutar. Untuk pengeringan, gunakan kain lap yang kering.

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi apabila sneakers yang dicuci berwarna putih. Pasta gigi efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel di sepatu. Selain membersihkan, pasta gigi bisa membuat sepatu sneakers pria milikmu jadi lebih putih seperti baru.

5. Bahan leather sintetis

Sepatu bahan ini merupakan alternatif apabila kamu ingin memiliki sepatu berbahan leather. Meski tidak sekeren leather, bahan ini juga awet dan menarik dari segi penampilan. Dari segi harga, tentu lebih murah.

Cara membersihkan seneakers ini hampir sama dengan bahan leather. Untuk pengeringan kamu bisa gunakan hair dryer. Namun hal yang harus kamu perhatikan adalah tidak perlu menggunakan air yang berlebih untuk mencucinya. Selain itu juga hindari menjemur sneakers yang masih basah dibawah sinar matahari langsung. Hal ini bisa membuat sneakers nampak pecah-pecah.

6. Bahan nubuck

Sepatu sneakers pria berbahan nubuck sepintas sama dengan sneakers bahan suede. Namun sebetulnya kedua bahan ini berbeda. Suede berasal dari kulit hewan bagian dalam, sementara nubuck dari kulit bagian luar. Cara membersihkannya secara umum sama dengan suede. Akan tetapi nubuck memiliki permukaan yang lebih halus, maka menggosoknya pun perlu lebih hati-hati.

Penjelasan diatas adalah upaya untuk menjaga sepatu snekers kamu tetap bersih dan nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Cara yang mudah serta alat dan bahan yang bisa kita temui diharapkan dapat memberi informasi yang berguna untuk merawat sepatu sneakers pria milikmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Post a Comment for "Kenali 6 Jenis Bahan Sepatu Sneakers Pria Ini Serta Cara Perawatannya"