Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik dan Tips Lancar Ujian Sekolah Berbasis Komputer Bagi Para Pelajar

Fakta Penting - Hari ini kita hidup di era dimana hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan tidak bisa terlepas dari teknologi. Teknologi tidak hanya lekat pada dunia bisnis ataupun hiburan semata. Beberapa tahun terakhir teknologi turut ambil peran membantu dalam dunia pendidikan.

Ujian sekolah berbasis komputer merupakan satu contoh dimana teknologi mengambil peran vital. Sesuai namanya, ujian ini menggunakan perangkat komputer yang dibantu oleh media internet. Dalam praktiknya, ujian ini berbeda dengan ujian yang dilaksanakan dengan sistem Paper Based Test (PBT).

Terlebih lagi diterapkannya sekolah online atau daring di saat pendemi, memunculkan banyak inovasi baru  di dunia pendidikan. Salah satunya adalah fitur Ujian Sekolah Berbasis Aplikasi di beragam platform. Inovasi yang ada ini diharapkan memberi sumbangsih positif bagi pengembangan sistem pendidikan kita.

Fakta Menarik Ujian Sekolah Berbasis Komputer

Bagi kamu yang belum pernah merasakan ujian berbasis komputer, berkut ini beberapa fakta menarik seputar ujian berbasis komputer yang perlu kamu tahu. Yuk simak!

Pertama, siswa mengerjakan ujian lebih cepat.

Dibanding PBT, ujian sekolah berbasis komputer membutuhkan waktu lebih singkat. Hal ini karena ketika ujian dengan kertas, siswa membutuhkan waktu untuk mengisi biodata di kertas jawaban. Berbeda halnya dengan ujian berbasis komputer, data milik peserta telah diinput sehingga para siswa bisa langsung menjawab soal setelah memasukkan username dan password di komputer masing-masing tanpa perlu khawatir akan terjadinya kesalahan.

Kedua, gaptek tidak jadi masalah.

Gagap teknologi tidak menjadi kendala berarti dalam ujian berbasis komputer. Di setiap ruangan ujian terdapat para pendamping yang akan membantu para siswa untuk mengoperasikan komputer, sehingga siswa dipastikan bisa mengerjakan ujian. Bahkan fitur-fitur baru yang ada saat ini bisa memudahkan diadakannya ujian sekolah berbasis komputer bagi seluruh pelajar meski di daerah terpencil sekalipun.

Ketika, tingkat kejujuran lebih tinggi.

Dalam melaksanakan ujian berbasis komputer adanya resiko kecurangan seperti manipulasi data ataupun bocornya soal akan mampu diminimalkan. Diharapkan dengan adanya sistem ini semua siswa menjadi lebih serius dalam belajar dan bisa meningkatkan kejujuran ketika ujian.

Selain mengetahui fakta menarik seputar ujian berbasis komputer ini, kamu juga perlu mengetahui apa saja tips dan trik lancar menghadapi ujian tersebut. Selain mengurangi rasa khawatir, tips ini diharapkan membantu kamu memperoleh hasil yang maksimal.

Tips dan Trik Ujian Online

Pertama, persiapan fisik.

Relax dan melakukan peregangan otot sangat penting dilakukan di pagi hari. Lakukan aktivitas normal seperti biasanya seperti, mandi, sarapan maupun aktivitas lainnya. Hal ini akan meminimalkan segala rasa tegang sebelum ujian. Yang terpenting adalah usahakan sarapan terlebih dahulu sebelum ujian. Kondisi yang prima akan sangat membantu para siswa untuk fokus pada setiap soal.

Kedua, pakai kacamata anti radiasi.

Selama ujian sekolah berbasis komputer berlangsung tentu para peserta didik akan fokus memandang layar monitor. Maka dari itu tidak jarang mata menjadi lebih cepat lelah akibat radiasi komputer. Pakailah kacamata anti radiasi yang cocok dipakai di sekolah.

Ketiga, siapkan kertas kosong.

Tips ini sangat berguna terutama pada saat mata pelajaran yang diujikan terdapat hitungannya, seperti matematika, fisika, kimia, ekonomi dll. Meski biasanya sekolah telah menyediakan kertas buram namun akan lebih baik jika kamu juga mempersiapkan sendiri dari rumah.

Keempat, tekan tombol F5 ketika ngelag.

Tips ini bisa kamu pakai apabila ketika ujian berlangsung terjadi ngelag atau aplikasi tidak bisa diklik. Tombol F5 ini bisa menjadi solusi sebab dengan menekan tombol F5 di keyboard ketika ngelag akan membuat komputer kamu kembali lancar seperti biasa. Tombol F5 ini memiliki fungsi untuk merefresh.

Kelima, doa sebelum ujian.

Persiapan yang tak kalah penting adalah persiapan mental. Maka disarankan untuk meminta doa restu kepada orang tua sebelum berangkat. Selain itu, berdoalah sebelum mulai mengerjakan soal. Dengan berdoa segala usaha kita selama belajar akan lebih bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik dan Tips Lancar Ujian Sekolah Berbasis Komputer Bagi Para Pelajar"

List Blog Keren Rajabacklink