Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skill Komunikasi, Modal Bagi Gen Z Sukses di Dunia Kerja


Fakta Penting – Generasi muda hari ini tercatat sebagai mayoritas di Indonesia. Beberapa tahun kedepan diprediksi generasi Z atau Gen Z akan mendominasi usia produktif. Hal ini mengisyaratkan bahwa generasi ini yang kedepan akan menguasai pasar dan menempati posisi-posisi strategis.

Namun tidak jarang gen Z lekat dengan kebebasan, sehingga muncul anggapan bahwa generasi ini kurang antusias bekerja secara tim dan memiliki rekan kerja. Disisi lain generasi Z masih memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Muncullah rasa cemas dan insecure ketika memasuki dunia kerja.

Generasi Z memerlukan sentuhan motivasi guna meningkatkan kepercayaan dirinya. Keyakinan bahwa mereka mampu sukses akan berdampak pada kinerja yang baik bahkan memicu lahirnya inovasi dan ide-ide baru di tempat kerjanya.

Komunikasi Efektif

Seorang mahasiswa di Universitas Pertamina menyatakan bahwa kemampuan berkomunikasi dengan publik akan menunjang bertumbuh dan berkembangnya gen Z. Skill komunikasi ini penting bagi gen Z sebab generasi ini mendapat pengasuhan yang protektif yang berdampak pada belum mampunya mereka dalam mempersepsikan dunia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa generasi tersebut cenderung membangun ruang diskusi dengan komunitas dan kelompok tertentu. Terbatasnya skill komunikasi publik ditambah kekhawatiran akan respon negatif dari publik membuat generasi ini surut kepercayaan dirinya.

Mahasiswa Universitas Pertamina tersebut juga mengatakan bahwa dirinya kini mulai aktif membangun kepercayaan diri di depan publik dan memberanikan diri mengutarakan pendapat dan gagasannya. Baginya tidak cukup menyampaikan ide melalui karya tulis ilmiah atau memposting artikel di media sosial, namun juga berdiskusi dengan mahasiswa lain diluar perkuliahan.

Langkah yang diambil ini tentu membawa perubahan signifikan pada skill komunikasinya. Bahkan manfaat lain yang didapat lebih banyak lagi, salah satunya prestasi yang ditorehkan untuk kampusnya. Prestasi yang didapat ini akan meningkatkan kepercayaan diri, menambah pengalaman, dan mengasah critical thinking bagi gen Z.

Universitas Untuk Gen Z

Kampus merupakan sarana belajar yang paling efektif dalam mengasah kemampuan dan bakat diri. Adanya mata kuliah Creative Problem Solving (CPS) ataupun Critical Thinking (CT) sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Mata kuliah yang mengasah daya pikir seperti ini akan membantu mahasiswa menyusun strategi maupun ide pembaharuan serta menuliskannya secara sistematis dan terstruktur.

Universitas Pertamina adalah contoh universitas yang mengajarkan kedua mata kuliah tersebut kepada mahasiswanya. Maka tidak heran bila banyak mahasiswa yang akhirnya terlatih rasa percaya dirinya ketika berbicara di depan publik.

Terlebih hari ini dijumpai banyak isu terkait dengan lingkungan. Banyak ahli berpendapat bahwa masyarakat secara global perlu fokus pada perbaikan iklim. Gagasan-gagasan segar yang solutif bukan tidak mungkin justru lahir dari para anak muda hari ini.

Universitas Pertamina sebagai Kampus Energi menjadi wadah bagi gen Z untuk mengasah diri dalam berkomunikasi hingga mampu berprestasi secara akademik maupun non akademik. Anak muda yang telatih dan terdidik serta memiliki tekad kuat akan berupaya mewujudkan mimpi dan cita-citanya.

Prestasi Universitas Pertamina

Pada tahun 2021 ini Universitas yang berjuluk Kampus Energi tersebut terus mengembangkan skill para mahasiswanya. Kemampuan ini terwujud dalam beragam prestasi yang dicapai. Prestasi-prestasi yang diraih antara lain sebagai berikut.

Pertama, terpilihnya tim mahasiswa Prodi Ekonomi, Teknik Sipil dan Teknik Logistik untuk mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam program Permodalan Kewirausahaan Pemuda 2021.

Kedua, terpilihnya alumni Prodi Teknik Perminyakan untuk beasiswa Program Master Degree di King Fahd University of Petroleum & Minerals Arab Saudi.

Ketiga, terpilihnya mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan sebagai juara pertama dalam ajang SPE Asia Pasific Regional Student Paper Contest 2022.

Keempat, terpilihnya mahasiswa Prodi Teknik Logistik sebagai juara dalam ajang DHL Competition.

Kelima, terpilihnya mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan dalam ajang Java Bussiness Competition.

Selain lima prestasi diatas, masih terdapat banyak prestasi yang ditorehkan mahasiswa Universitas Pertamina dalam berbagai bidang program studi.

Post a Comment for "Skill Komunikasi, Modal Bagi Gen Z Sukses di Dunia Kerja "