Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mengelola Website dengan Baik Bagi Para Pemula

Fakta Penting - Bagi para pelaku usaha di dunia digital, website memiliki peran yang penting. Tidak sekedar untuk media promosi atau marketing, website juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh penghasilan tambahan. Namun, hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah seberapa berkualitas website tersebut.

Website yang berkualitas tentu muncul karena pengelolaan yang baik. Untuk itulah kamu perlu perhatikan bagaimana cara mengelola website yang baik agar website milikmu berkualitas. Sebelum itu, kamu juga perlu perhatikan cara membuat website yang baik. Sebab cara membuat yang benar akan membuat performa website lebih baik.

Berikut ini beberapa langkah membuat website secara mandiri. Namun untuk kamu yang menghendaki website yang lebih profesional dengan fitur yang lebih lengkap, maka disarankan untuk meminta bantuan jasa pembuatan website agar lebih mudah.

Cara Membuat Website

Pertama, tentukan terlebih dahulu jenis website yang ingin kamu buat. Ketika kamu sudah yakin dengan jenis website yang ingin kamu buat maka kamu akan lebih terarah untuk menentukan langkah selanjutnya. Adapun beberapa jenis website yang cukup populer diantaranya

  • Online shop
  • Portofolio
  • Blog pribadi
  • Forum
  • Portal berita

Kedua, pilihlah jenis platform yang kamu inginkan untuk websitemu. Istilah yang biasa digunakan adalah CMS (Content Management System). Platform ini nantinya akan digunakan untuk mengelola template dan keseluruhan tampilan websitemu. Terdapat banyak software yang ada saat ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Wordpress
  • Blogger
  • Drupal
  • Joomla
  • Shopify,dll

Ketiga, kamu perlu menentukan web hosting serta nama domain untuk websitemu. Hosting adalah bagian yang ada di server yang disewa untuk digunakan menyimpan berkas yang diperlukan websitemu nantinya. Web hosting terdapat 3 macam yaitu: shared hosting, cloud hosting, dan VPS. Adapun yang dimaksud domain yaitu alamat link yang nanti akan dipakai untuk menjelajahi website milikmu, contohnya: .com, .id, .my.id, dll.

Keempat, jangan lupa install wordpress. Langkah paling awal adalah masuk melalui namadomain.com/cpanel lalu buka Softaculous App Instaaller dan klik “install now”, selanjutnya pilih domain dengan WordPress. Kemudian ikuti petunjuknya dan tunggu hingga proses pemasangan aplikasi selesai.

Kelima, sesuaikan settingan website. Untuk langkah ini, kamu perlu memahami setiap menu yang ada di dashboard admin agar bisa mengatur tampilan websitemu sesuai yang kamu inginkan. Menyesuaikan pengaturan juga termasuk bagian dari cara mengelola website.

Terlebih untuk kamu yang ingin membuat website dengan tujuan promosi bisnis usahamu, tentu tampilan website menjadi sesuatu yang amat penting. Untuk itulah mengelola website yang baik akan mengoptimalkan kualitas websitemu.

Tips Mengelola Website

Beberapa tips ini bisa kamu aplikasikan pada websitemu agar kualitas websitemu semakin baik. Lalu apa saja tipsnya, yuk simak!

Pertama, atur posisi iklan.

Penempatan iklan yang rapi dan tepat akan membuat tampilan semakin berkelas dan bisa mengundang iklan selanjutnya.

Kedua, lakukan perbaikan secara berkala.

Terkadang muncul eror dalam beberapa hal, maka senantiasa melakukan pengecekan dan perbaikan akan menghindarkan website kamu dari masalah yang lebih parah.

Ketiga, kontrol keamanan data websitemu.

Segala bentuk informasi yang bersifat privasi haruslah tetap terjaga kerahasiaannya, terutama yang menyangkut data kepemilikan website maupun pelanggan.

Keempat, konsisten dan update dalam mengisi konten. 

Saat kamu mengisi websitemu secara konsisten dengan konten-konten terbaru maka kualitas websitemu akan semakin baik.

Hal-hal diatas merupakan upaya agar website kamu semakin berkualitas. Adapun untuk kamu yang menginginkan website yang berkualitas tanpa harus membuatnya sendiri, kamu bisa memakai jasa pembuatan website profesional seperti firstpage.id.

Dengan memakai jasa pembuatan website kamu tidak akan dipusingkan dengan template, hosting, dan lain sebagainya. Sehingga kamu bisa memfokuskan diri untuk membuat konten yang menarik secara konsisten.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Mengelola Website dengan Baik Bagi Para Pemula"

List Blog Keren Rajabacklink