Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Menemukan Mobil Bekas Impian? Sebaiknya Lakukan Ini


Fakta Penting - Dibanding harus mengeluarkan DP mobil baru, membeli mobil bekas juga bisa menguntungkan. Namun, Anda juga harus menyisihkan budget untuk melakukan reparasi secukupnya agar mobil semakin nyaman digunakan.

Ada berbagai macam bagian mobil yang harus diperhatikan agar kendaraan tetap awet bertahun-tahun. Baik mobil baru maupun bekas, sebenarnya sama-sama membutuhkan perawatan yang memadai. Ulasan di bawah ini akan membantu Anda melakukannya.

Tips Setelah Membeli Mobil Bekas Agar Tetap Awet

Mobil bekas memang selalu memberikan daya tarik, terutama dari segi harga yang lebih murah dibanding beli baru. Jika sudah mendapatkan mobil second incaran, sebaiknya lakukan beberapa tips di bawah ini agar kendaraan roda empat tersebut tetap awet.

1.     Mengganti Oli Mesin

Mengecek kondisi mesin tidak boleh diabaikan ketika hendak membeli mobil bekas. Nantinya, Anda juga harus rutin mengganti oli mesin agar performanya tetap baik. Cek dari segi kekentalan dan warna oli untuk mengetahui kapan waktu yang tepat agar segera diganti.

2.     Membersihkan Radiator dan Filter

Jika ingin menggunakan mobil bekas sebagai kendaraan rutin, pastikan Anda juga membersihkan radiatornya. Begitu pula dengan filter-filternya agar tetap nyaman digunakan. Pemeriksaan secara menyeluruh tentunya sangat disarankan tanpa mengabaikan komponen kecil.

Beberapa bagian yang kerap kali terlupakan diantaranya selang AC, busi, kampas rem, kampas kopling, dan lain sebagainya.

3.     Mengecek Kondisi Aki

Mobil bekas juga bisa awet dalam waktu lama, salah satunya dengan memperhatikan sistem kelistrikan di dalamnya. Anda bisa memulainya dengan mengecek kondisi aki untuk mengetahui jumlah daya yang tersebar di komponen mesin.

4.     Memeriksa Daya Alternator

Sebagian orang merasa tidak sempat memeriksa komponen alternator di mobilnya. Padahal, ini merupakan langkah kecil untuk memeriksa keamanan mesin mobil. Pada dasarnya, alternator berfungsi sebagai komponen penyalur energi listrik ketika mesin dihidupkan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengeceknya secara berkala. Gunakan obeng atau kunci pas lalu cek besar daya magnet alternator pada mobil bekas yang dimiliki.  Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan voltmeter sehingga tegangan alternator bisa diketahui.

5.     Cek Shockbreaker

Permasalahan mobi bekas yang cukup umum adalah kondisi kaki-kakinya yang sudah tidak berfungsi baik. Biasanya hal ini disebabkan kondisi jalan yang kurang baik sehingga shockbreaker cepat rusak.

Jika kaki-kaki mobil tidak berfungsi maksimal, hal ini akan mempengaruhi kenyamanan dan kelincahan berkendara. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama bagian-bagian shockbreaker. Misalnya piston, bearing, karet sil, dan sebagainya.

6.     Menjaga Kebersihan Mobil

Salah satu kunci kenyamanan menggunakan mobil bekas adalah kebersihan kendaraan. Baik bagian interior maupun eksterior yang tidak boleh diabaikan. Terlebih bagian interior yang kurang bersih juga tidak baik bagi kesehatan pengendaranya.

Membeli mobil bekas di SEVA bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Anda akan mendapati unit bekas yang tampak baru karena kendaraan mobil melewati seleksi ketat sebelum dijual. Proses pengajuan sampai approve dilakukan secara instan sehingga tidak membuang waktu dan energi.

Agar tampilan mobil lebih maksimal, setelah membelinya Anda bisa membersihkan dan mengganti beberapa bagian yang diperlukan. Misalnya mencuci karpet mobil, mengelap debu kaca mobil. Dan mengganti sarung jok.

7.     Memasang Kaca Film dan Head Unik

Kenyamanan berkendara bisa didapatkan salah satunya dengan menambahkan aksesoris yang dianggap penting. Misalnya menerapkan kaca film yang efektif memantulkan sinar matahari. Benda lainnya yang bisa digunakan adalah head unit.

Kebanyakan mobil bekas tidak dilengkapi head unit yang sesuai selera. Oleh karena itu, Anda bisa menggantinya agar tampilan mobil lebih berkelas.

Proses mencari mobil bekas sesuai keinginan memang membutuhkan kesabaran. Namun jika berhasil menemukannya, tentu akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari hemat budget, bebas cicilan mobil baru, hingga kualita unit bekas yang tak kalah bagus.

Posting Komentar untuk "Sudah Menemukan Mobil Bekas Impian? Sebaiknya Lakukan Ini"

List Blog Keren Rajabacklink