Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Macam Vitamin B Complex dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Fakta Penting - Tubuh manusia terdiri dari banyak sekali organ. Dan untuk menjalankan seluruh fungsinya dengan baik diperlukan asupan gizi yang baik. Vitamin memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh kita.

Vitamin B komplex adalah salah satu vitamin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin ini bisa berfungsi untuk menjaga stamina tubuh dan menghasilkan energi yang akan menguatkan kita.

Vitamin B komplex terdiri dari banyak macam, diantaranya B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan juga B12. Apa saja manfaat dari masing-masing vitamin tersebut, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Vitamin B1

Vitamin jenis ini memiliki kemampuan untuk bisa menghasilkan energi bagi tubuh. Vitamin ini bisa kita temui di beragam jenis makanan seperti beras, gandum, kacang-kacangan, daging, telur hingga ikan.

Tubuh kita akan menunjukkan gejala tertentu ketika kita kekurangan vitamin ini. Gejala yang timbul diantaranya nafsu makan berkurang, muncul gangguan pada sistem pencernaan hingga berat badan menurun.

Vitamin B2

Vitamin ini bisa berguna untuk mencegah adanya penyumbatan darah pada tubuh kita. Selain itu, vitamin B2 bisa untuk membentuk energi sebagaimana vitamin B1. Ditambah lagi dengan fungsi seperti pemecahan makanan menjadi zat gizi yang bisa diserap tubuh.

Disaat tubuh kita kekuarangan vitamin ini, yang terjadi adalah bibir pecah pecah, kulit menjadi kering bahkan bisa menjadikan kekurangan darah. Kita bisa mencegah hal ini dengan mengkonsumsi si daging, sayuran dan juga susu.

Vitamin B3

Untuk bisa memperoleh vitamin ini kita bisa mengkonsumsi makanan seperti hati ayam, daging, ikan dan juga kacang tanah. Kekurangan vitamin ini bisa membuat kita merasakan sakit pada tenggorokan kita. Untuk itu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini akan mencegah kita dari sakit pada tenggorokan maupun organ lain di sekitarnya.

Vitamin B5

Vitamin ini berperan dalam proses metabolisme tubuh. Untuk bisa memperoleh vitamin ini disarankan untuk memakan makanan seperti sereal, kacang-kacangan kuning telur juga protein hewani seperti ikan dan daging. Apabila vitamin ini kurang dalam tubuh kita maka dampak negatifnya adalah diare hingga muntah.

Vitamin B6

Untuk kamu yang mungkin sering merasakan lemah dan sering merasa lelah sebaiknya segera mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini. Makanan seperti gandum, kacang, kentang dan buah pisang mengandung vitamin B6 ini. Vitamin ini cukup vital bagi tubuh kita karena berfungsi membantu pembentukan sel darah merah.

Vitamin B9

Mungkin kita biasa mendengar istilah Asam Folat yang menjadi sebutan lain untuk vitamin B9 ini. Vitamin ini terdapat pada sayuran hijau, biji-bijian dan juga buah jeruk. Kita perlu mengkonsumsi makanan ini dalam jumlah cukup agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Vitamin B12

Sebagaimana vitamin sebelumnya vitamin jenis ini juga berperan penting untuk pembentukan sel darah merah. Bahkan vitamin ini juga bisa disebut dengan anti anemia di mana dia berfungsi untuk mencegah kita kekurangan darah. Vitamin ini terdapat pada hewan laut seperti kerang, ikan juga terdapat pada protein hewani seperti daging, telur juga hati ayam.

Itulah macam dan fungsi vitamin B komplex yang penting bagi tubuh kita. Ketujuh jenis vitamin B komplex di atas memiliki fungsi yang beragam. Kita harus memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B komplex ini. Sehingga tubuh kita menjadi sehat dan senantiasa bugar serta terhindar dari berbagai penyakit.

Posting Komentar untuk "Kenali Macam Vitamin B Complex dan Manfaatnya Bagi Tubuh"

List Blog Keren Rajabacklink