Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini yang Terjadi Jika Oli Mobil Habis


Fakta Penting - Mengganti oli kendaraan biasanya akan menjadi hal pertama yang disarankan oleh mekanik begitu anda membawa kendaraan anda ke bengkel untuk melakukan servis rutin. Cara ganti oli mobil juga sebenarnya juga sangat sederhana, tapi memang hal ini harus selalu dicek, saking pentingnya. 

Lalu, apa yang terjadi jika oli kendaraan benar-benar tidak diganti sampai tidak tersisa dari tangki penyimpanannya? Wah, semoga hal ini jangan sampai terjadi pada kendaraanmu, ya. Karena hal inilah yang mungkin akan terjadi jika sampai oli mobilmu habis tidak tersisa. Simak selengkapnya berikut ini!

Akibat Mobil Kehabisan Oli

Sama halnya dengan tubuh manusia jika kekurangan atau bahkan kehabisan suatu hal penting dalam dirinya, demikian juga pada mesin kendaraan. Inilah hal-hal yang biasa terjadi pada beberapa kendaraan yang kehabisan oli. 

  1. Mesin Rusak Parah

Komponen mesin pada kendaraan akan sering mengalami banyak gesekan selama mereka beroperasi. Dan untuk membuat gesekan-gesekan ini tidak merusak komponen tersebut, maka oli lah yang memiliki tugas untuk lubrikasi atau melumasi komponen-komponen tersebut. 

Kalau oli sampai benar-benar habis, maka siap-siap saja jika hal ini diikuti dengan kerusakan pada suku cadang mobilmu. Bayangkan jika mesin rusak dalam waktu yang bersamaan? Wah, tentu kerugian yang akan ditanggung menjadi sangat besar, ya!


  1. Kendaraan Mati Mendadak

Pada kondisi yang lebih parah, bisa jadi kendaraanmu akan mati di tengah jalan tatkala sedang digunakan. Tentu saja selain membahayakan keselamatan pengemudinya, orang-orang yang sedang berada di sekitar kendaraan juga ikut terancam. Apalagi jika posisi mobil yang dikendarai sedang berada di jalan besar yang super sibuk, tidak bisa terbayangkan seberapa chaos yang terjadi, kan?


Tips Reminder Ganti Oli


Melihat dampak yang sangat serius, tentunya sebagai pemilik kendaraan yang bertanggung jawab, sudah merupakan kewajiban untuk mengganti oli tepat waktu. Bisa juga dengan diselingi servis atau pengecekan rutin pada komponen kendaraan. Inilah beberapa tips yang mungkin bisa kamu pakai, supaya tidak sampai telat ganti oli. 

  1. Catat di Kartu Servis

Ketika melakukan proses servis, biasanya pihak bengkel juga menyertakan kartu yang mencantumkan tanggal terakhir servis. Kartu ini biasanya kecil dan biasanya mudah digantung di atas setir mobil. Jadi kamu bisa mengeceknya sewaktu-waktu. Kalau sudah dilihat sehari-hari, harusnya peluang untuk lupa akan semakin mengecil, bukan?


  1. Set Reminder dari Bengkel

Beberapa bengkel telah menyediakan layanan reminder otomatis yang akan terkirim ke nomor setiap customer jika memang jadwal servis atau ganti oli telah dekat. Notifikasi ini biasanya akan masuk tiap bulan sekali. Jadi kalau sudah ada pengingat semacam ini, harusnya kamu sudah bisa bersiap-siap untuk ganti oli.


Demikianlah beberapa akibat jika oli mobil sampai habis, berikut beberapa tips supaya tidak sampai benar-benar lupa untuk mengganti oli. Cara mana yang bisa kamu praktekkan? Selamat mencoba!

Post a Comment for "Ini yang Terjadi Jika Oli Mobil Habis"

List Blog Keren Rajabacklink