Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Transaksi Bisnis Via Virtual Account, Lebih Mudah Pastinya

Fakta Penting – Saat ini transaksi dengan virtual account sangat digandrungi oleh masyarakat, terlebih lagi generasi milenial atau juga generasi Z. Mereka telah familiar dengan virtual account, dan telah menggunakannya di setiap aktivitasnya.

Sesuai dengan namanya, layanan virtual account ini adalah sebuah akun rekening virtual dalam wujud nomor ID yang dapat dipakai untuk melakukan berbagai macam jenis pembayaran. Setiap transaksinya, nomor ID yang didapat juga berbeda sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan.

Jenis Virtual Account

Terdapat dua jenis virtual account, yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Pertama, yang dimaksud fixed virtual account adalah nomor akun virtual yang bisa ditentukan oleh pelanggan.

Contohnya adalah aplikasi dompet digital yang mana pengguna mendapatkan nomor ID sesuai nomor ponsel yang dimiliki. Penggunanya bisa melakukan pembayaran berulang kali dengan nomor yang sama.

Adapun non-fixed virtual account adalah nomor akun virtual yang ditentukan secara random dan hanya bisa digunakan untuk satu kali proses transasksi saja.

Contohnya adalah ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran di e-commerce, nomor ID yang didapat hanya untuk transaksi tersebut. Untuk transaksi yang lain harus dengan nomor ID yang baru dan tidak bisa memakai nomor ID sebelumnya.

Mekanisme Kerja Virtual Account

Mekanisme kerja virtual account dengan transfer bank biasa tentu berbeda. Ketika transfer secara manual membutuhkan serangkaian proses mulai memasukkan nomor rekening tujuan, jumlah uang hingga kofirmasi bukti menggunakan struk transfer atau screenshoot, memakai virtual account akan lebih mudah.

Dalam bisnis, transaksi bisa dilakukan dengan mengirimkan nomor ID dari penjual kepada pelanggan. Dimana setelah itu pelanggan bisa menyelesaikan proses pembayaran melalui mesin ATM atau juga mobile banking di gadgetnya. Dengan begitu transaksi akan langsung tercatat.

Keuntungan Memakai Virtual Account

Manfaat yang jelas bisa dirasakan adalah kemudahan dan kecepatan dalam setiap transaksi. Namun apabila ditinjau secara spesifik kemudahan yang dirasakan oleh pelanggan adalah keluwesan. Banyak pelanggan yang tidak suka proses pembayaran yang ribet. Maka virtual account bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Sementara itu disisi penjual atau pengusaha, virtual account akan memudahkan pencatatan finansial bisnis. Pemilik atau penjual bisa langsung mengetahui pembeli yang telah menyelesaikan transaksi. uang akan masuk real time ke rekening penjual.

Bisnis dan Virtual Account

Apabila ada yang bertanya kapan bisnis kamu akan menggunakan virtual account dalam transaksi pembayaran, jawab saja segera. Mungkin diantara pelaku bisnis masih banyak yang enggan menggunakan metode pembayaran ini.

Hal ini mungkin karena banyak dugaan bahwa penggunaan virtual account hanya untuk bisnis dan perusahaan skala besar. Namun sebetulnya semua bisnis bisa menggunakan metode virtual account ini untuk bisnisnya.

Dilihat dari kelebihan yang ditawarkan oleh metode pembayaran virtual account, bisnis kalian akan lebih berkembang kedepannya dengan menggunakan sistem ini. Ditambah lagi ketika kalian menemukan platform yang tepat untuk membantu dalam hal online payment ini.

Midtrans

Salah satu layanan yang menawarkan kemudahan dalam transaksi pembayaran adalah Midtrans. Tidak sekedar memudahkan untuk hal terkait metode pembayaran, namun juga untuk proses integrasi dan juga pengaturannya.

Memilih opsi metode transaksi pembayaran dengan virtual account adalah keputusan yang tepat bagi bisnis yang sedang kalian jalankan. Hal ini karena pembayarannya nanti bisa dilakukan melalui berbagai bank yang ada.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa kunjungi website Midtrans.com sekarang juga. Temukan kemudahan untuk bisa mengembangkan bisnis yang kalian jalankan.

Posting Komentar untuk "Lakukan Transaksi Bisnis Via Virtual Account, Lebih Mudah Pastinya"

List Blog Keren Rajabacklink