Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memperjuangkan Masyarakat, Universitas Pertamina Gandeng TNI AD Mengabdi Daerah 3T

Fakta Penting - Sebagai negara yang memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia memiliki keragaman budaya yang luhur. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Meskipun beragam, namun untuk hak dalam menempuh pendidikan kesamaan dan pemerataan harus diperjuangkan.

Calon pemimpin bangsa ini bisa hadir dari seluruh penjuru negeri. Untuk bisa menemukan calon pemimpin bagi masa depan negeri ini bisa dimulai dengan memfasilitasi dalam pendidikannya. Upaya inilah yang dilakukan oleh Universitas Pertamina (UPER) yang berjuluk Kampus Energi.

UPER Gandeng TNI AD

Pada tanggal 4 Juni 2022 yang lalu, Universitas Pertamina meluncurkan program yang menggandeng TNI AD. Program ini adalah upaya pemerataan pendidikan di seluruh nusantara.

Hal ini selaras dengan amanah Undang-Undang. Pendidikan merupakan hak dasar setiap warga negara Indonesia.

Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia adalah potensi besar yang harus dirawat. Untuk tugas besar ini, bangsa ini butuh pemimpin bermental tangguh.

Dalam pidato di UPER, Jendral Dudung yang sekaligus Ketua Staf TNI AD menyampaikan bahwa negara ini memerlukan sosok pemimpin strategis. Pidato ini disampaikan sebelum penandatanganan kerjasama antara UPER dan TNI.

Calon Pemimpin Strategis

Pelaut handal tidak lahir dari laut yang tenang, pelaut handal lahir dari laut yang berombak. Pemimpin pun juga demikian. Pemimpin lahir dari perjuangan yang besar.

Menurut Jendral Dudung pemimpin strategis adalah yang mampu mengendalikan perubahan serta mengarahkan untuk hal yang lebih baik kedepannya. UPER dan TNI AD dalam hal ini saling bekerja sama dengan melahirkan program beasiswa khusus pelajar Indonesia yang tinggal di lokasi 3T.

Beasiswa Pendidikan Daerah 3T

Lokasi 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) adalah kawasan yang aksesnya memang tidak semudah wilayah perkotaan. Banyak tempat yang berada di daerah terpencil yang jarang tersentuh oleh media. Tempat seperti inilah yang perlu mendapat perhatian dalam aspek pendidikan.

Universitas Pertamina memberikan beasiswa yang dinamakan Beasiswa Generasi Juara (BGJ) dan Beasiswa Ujung Negeri (BUN) untuk pelajar dari sekolah tingkat atas di kawasan 3T. Dilihat dari namanya ditargetkan akan muncul para juara dari ujung negeri ini.

Disisi lain, kerjasama yang dijalin antara Universitas Pertamina dan TNI AD adalah program yang diberikan pada anggota TNI yang memenuhi syarat untuk bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina.

Melihat tantangan yang akan dihadapi semua bangsa di era idustri ini, penting untuk mempersiapkan para tentara tanah air yang berpendidikan tinggi dan juga memiliki daya juang yang tinggi.

Sebagai salah satu fasilitas pendidikan di tanah air, Kampus Teknologi Bisnis Energi Universitas Pertamina ini mempunyai peran penting untuk melahirkan generasi masa depan yang lebih baik.

Program yang bekerja sama dengan aparatur negara ini adalah wujud pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan mutu bangsa di hadapan global.

Adapun untuk program-program Universitas Pertamina yang lain, kamu bisa mendapatkan informasinya di website resmi dari Universitas Pertamina.

Post a Comment for "Memperjuangkan Masyarakat, Universitas Pertamina Gandeng TNI AD Mengabdi Daerah 3T"

List Blog Keren Rajabacklink