Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Tubuh Tipe yang Mana Kamu?


Fakta Penting - Setiap manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda dan beragam. Perbedaan ini terjadi karena komposisi tubuh yang berbeda. Masing-masing memiliki keunikan yang patut disyukuri.

Bentuk tubuh ini dibagi menjadi mesomorf, endomorf, ektomorf dan lain sebagainya. Faktor seperti gaya hidup, pola makan dan juga aktivitas fisik turut mempengaruhi bentuk tubuh setiap orang.

Berikut ini penjelasan terkait ciri-ciri dan juga gaya hidup yang baik diterapkan setiap masing-masing bentuk tubuh. Simak artikel ini hingga akhir ya.

Tipe Tubuh Ektomorf

Tubuh yang memiliki postur yang ramping, mempunyai massa otot dan lemak yang sedikit adalah ciri-ciri dari tipe tubuh ektomorf. Ciri-ciri lain dari tipe ini adalah sendi bahu dan pinggang kecil serta lengan dan kaki yang panjang.

Orang yang mempunyai bentuk tubuh ektomorf mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Namun seringkali mudah mengalami penurunan berat badan saat kondisi tertentu.

Gaya Hidup

Dibanding dengan tipe bentuk tubuh yang lain, tipe tubuh ini memiliki tingkat sensitifitas terhadap insulin yang tinggi. Karena massa otot yang kecil, maka pemilik tubuh bentuk ektomorf perlu menambah asupan protein setiap harinya.

Sumber makanan yang mengandung protein diantaranya daging ayam, daging sapi, telur, susu dan juga beberapa buah-buahan seperti pisang dan apel. Kacang-kacangan seperti almond juga baik dikonsumsi pemilik bentuk tubuh ektomorf.

Olahraga yang mengandalkan ketahanan aerobik serta tidak terlalu memerlukan kekuatan otot adalah olahraga yang disarankan bagi pemilik bentuk tubuh ektomorf. Namun untuk menghindari sarcopenia, latihan kekuatan juga perlu dilakukan dengan intensitas yang cukup.

Tipe Tubuh Endomorf

Kerangka tubuh yang lebih lebar, postur yang lebih pendek dan juga komposisi lemak yang lebih besar adalah ciri-ciri tipe tubuh endomorf. Tipe tubuh ini seringkali disebut mirip dengan buah pir.

Ciri-ciri lain tipe tubuh endomorf adalah proses metabolisme yang lambat, mudah bertambahnya massa otot serta sulit untuk menurunkan berat badan. Ketika hal ini terjadi karena komposisi lemak dalam tubuh yang tinggi.

Gaya Hidup

Karena mudah bertambahnya massa otot, maka pemilik tipe tubuh ini sebaiknya berupaya untuk menurunkan berat badan terlebih dahulu. Makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi.

Makanan yang rendah kalori dan tinggi akan protein adalah makanan yang disarankan untuk pemilik tipe tubuh endomorf. Konsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Makanan ini akan memperlancar jalannya proses metabolisme serta bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Adapun olahraga yang baik untuk tipe tubuh ini adalah kardio dan juga High Intensity Interval Training (HIIT).

Tipe Tubuh Mesomorf

Mesomorf adalah tipe tubuh yang berada diantara ektomorf dan endomorf. Orang yang memiliki tubuh tipe ini akan mudah mengembangkan ototnya serta memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada massa otot.

Tipe tubuh ini bisa dianggap ideal oleh sebagian orang karena mereka tidak kekurangan berat badan maupun juga kelebihan berat badan. Badan dengan tipe ini akan cenderung lebih kuat dan padat.

Tipe tubuh ini memiliki persentase otot dan juga lemak cenderung seimbang. Ciri-ciri lain dari Tipe tubuh mesomorf adalah anggota badan seperti tangan dan kaki lebih berotot serta berat badan yang merata di seluruh tubuh.

Gaya Hidup

Dikarenakan masak otot yang tinggi, maka asupan kalori yang dibutuhkan pun akan tinggi. Untuk jumlah kalori secara pasti perlu mengkonsultasikan dengan ahli gizi agar kebutuhan gizi bisa benar-benar terpenuhi.

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dan rendah karbohidrat adalah pola makan yang disarankan untuk dikonsumsi. Di sisi lain untuk aktivitas fisik olahraga yang dianjurkan adalah cardio dan juga latihan kekuatan otot.

Tipe Tubuh Ecto-Endomorf

Tipe tubuh ini sering disebut juga dengan bentuk buah pir. Tipe tubuh ini adalah kondisi dimana pada dasarnya tubuh itu kurus, namun karena tidak menjaga pola makan dan aktivitas fisik maka berat badan bertambah.

Gaya Hidup

Sebagaimana dengan tipe tubuh endomorf, tipe tubuh ini perlu membatasi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Adapun makanan yang tinggi protein dan tinggi serat perlu untuk dikonsumsi secara cukup.

Untuk bisa menambah laju metabolisme dalam tubuh maka olahraga yang menambah massa otot disarankan untuk dilakukan. Perpaduan olahraga dengan intensitas yang rendah dan HIIT adalah pilihan yang sesuai.

Tipe Tubuh Endo-Ectomorf

Tipe tubuh ini seringkali disebut juga dengan bentuk apel. Ciri-ciri tipe tubuh ini adalah bahu yang lebar dan organ seperti lengan dan kaki lebih jenjang.

Gaya Hidup

Karbohidrat dan juga lemak yang tidak sehat perlu dibatasi untuk dikonsumsi terlebih dahulu. Namun makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan disarankan untuk dikonsumsi secara teratur ditambah dengan aktivitas fisik seperti cardio.

Tipe tubuh endomorf, ektomorf, mesomorf dan lain sebagainya adalah bentuk tubuh yang memiliki keunikannya tersendiri. Untuk itu selama badan tidak mengalami gangguan kesehatan maka bentuk tubuh apapun harus tetap disyukuri.

Pola makan yang baik dan juga diet yang sehat adalah kunci mendapatkan tubuh yang ideal. Informasi tentang kesehatan ini bisa kalian dapatkan di website Sirka. Di website https://sirka.io/blog/2022/08/04/tipe-tubuh-kamu-termasuk-yang-mana/ ini kalian akan menemukan pengetahuan baru terkait kesehatan. Untuk itu tunggu apa lagi, klik website ini sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Bentuk Tubuh Tipe yang Mana Kamu?"

List Blog Keren Rajabacklink