Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yukk Cek Sinyal TV Digital Lewat Beberapa Aplikasi Berikut

Fakta Penting - Mulai awal bulan November kemarin, beberapa siaran TV analog di beberapa wilayah Indonesia mulai dimatikan dan dialihkan ke TV digital. Kedua siaran TV tersebut memiliki perbedaan. Pada siaran TV analog, sinyal akan dipancarkan secara terus menerus dalam menayangkan video.

Sinyal tersebut berdasarkan gelombang saluran dan bekerja dalam frekuensi tertentu. Koneksinya bisa menggunakan kabel maupun satelit. Karena sinyal dipancarkan terus menerus, maka akan terjadi penurunan kualitas audio dan video pada TV analog. Siaran televisi analog juga sudah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia.

Sementara TV digital, sinyalnya menggunakan konsep 0 atau 1 bit dalam memproses siaran. Sinyal yang dipancarkan ini disebut sebagai gelombang persegi. Kekuatan sinyal TV digital lebih akurat dibandingkan sinyal TV analog, sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara lebih jernih dan teknologi yang canggih.

Dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, kita tetap bisa menonton siaran televisi analog. Namun, sebaiknya kita mulai mengubah tangkapan sinyal antenna di rumah dari siaran analog ke siaran digital. Untuk mengecek sinyal TV digital, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi cek sinyal TV digital berikut:

Sinyal TV digital

Pertama, cara mudah cek sinyal TV digital melalui smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi SinyalTVdigital yang bisa diunduh di Google Playstore. Aplikasi ini akan membantu dalam menentukan lokasi kita saat ini apakah memiliki sinyal TV digital yang cukup baik atau tidak.

Dengan begitu, sebelum memutuskan untuk membeli antena digital, kita bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu menggunakan aplikasi SinyalTVdigital ini. Aplikasi satu ini juga mempunyai beberapa fitur menarik, salah satunya adalah terdapat peta pemancar di seluruh Indonesia yang memudahkan kita untuk mengecek sinyal TV digital.

Aplikasi Cara Cek Sinyal TV Digital ID

Selanjutnya, ada aplikasi Cara Cek Sinyal TV Digital ID yang sebenarnya lebih berisi edukasi tentang ap aitu TV digital, cara migrasi hingga daftar 42 siaran TV digital. Namun, aplikasi ini juga memiliki informasi mengenai cara cek sinyal TV digital.

Tidak ada panduan khusus untuk cara menggunakan aplikasi ini. Per 6 November lalu, aplikasi cek sinyal TV digital satu ini telah diunduh lebih dari lima ribu pengguna.

Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Aplikasi Cara Cek Sinyal TV Digital ini bisa kita unduh melalui Google Play, di mana berisikan berbagai informasi tentang cara cek sinyal TV digital hingga artikel-artikel menarik yang terkait dengan informasi terbaru siaran televisi digital.

Serupa dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga sebenarnya lebih menjadi pusat informasi dan edukasi bagi yang belum memahami benar tentang soal transformasi TV analog ke TV digital.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sinyal TV digital. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Yukk Cek Sinyal TV Digital Lewat Beberapa Aplikasi Berikut"

List Blog Keren Rajabacklink