Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Psikolog Dalam Proses Rehabilitasi Pencandu Narkoba

Fakta Penting - Penyalahgunaan narkoba adalah salah satu musuh terbesar bagi bangsa ini. Masyarakat Indonesia perlu memberikan perhatian khusus bagi masalah ini agar terhindar dari berbagai dampak buruk yang dihasilkan.

Ada banyak sekali faktor yang bisa memicu seseorang candu pada narkoba. Beberapa diantaranya adalah kekeliruan dalam pengasuhan, trauma di masa kecil atau juga kekeliruan dalam pergaulan. Dari sinilah peran psikolog sangat diperlukan bagi para pecandu narkotika berbahaya.

Peran Psikolog Dalam Rehabilitasi

Meski pecandu narkoba adalah pelaku, namun sejatinya mereka juga korban dari penyalahgunaan narkoba. Untuk itulah mereka perlu menjalani proses rehabilitasi untuk memperbaiki keadaan mereka.

Pada dasarnya proses rehabilitasi tidak bisa dilakukan sendiri. Para pecandu narkoba itu membutuhkan orang lain di luar dirinya untuk membantu keluar dari cengkeraman narkoba.

Program rehabilitasi menjadi solusi utama bagi bangsa ini untuk memulihkan para penyandang narkoba. Mengingat penyakit candu pada narkoba tidak bisa dianggap remeh dan sepele.

Para psikolog dapat memberikan bantuan berupa pemulihan kesadaran agar para pecandu bisa lepas perlahan dari narkoba. Kesadaran harus berasal dari dalam diri pribadi pelaku.

Hal ini penting karena narkoba mempengaruhi penggunanya dari dalam yaitu pikiran. Terdapat beberapa efek yang diakibatkan oleh kecanduan narkoba.

Pendekatan Psikologis Bagi Pecandu Narkoba

Terdapat beberapa perubahan kondisi pola pikir yang terjadi pada diri para pecandu narkoba. Mulai dari rendahnya rasa kepercayaan diri, mudah tersulut emosi, sulit untuk mengendalikan diri hingga menutup diri dari sosial.

Maka di sini peran psikolog sangat dibutuhkan untuk melakukan pendekatan secara psikologis pada pecandu narkoba. Proses rehabilitasi haruslah bertujuan untuk memulihkan mental para pengguna ini untuk kembali pada aktivitas sosial yang positif.

Upaya yang bisa dilakukan adalah memunculkan suasana yang sampai dan rileks agar para pengguna ini bisa berbagi cerita dan nyaman untuk berinteraksi sosial. Lingkungan terdekat para pengguna ini harus diatur agar selalu kondusif.

Manfaat Terapi Psikologis

Manfaat terbesar yang diharapkan mampu dirasakan oleh para pengguna narkoba adalah kesadaran. Saat para pengguna narkoba ini sadar bahwa mereka melakukan kekeliruan dan semangat untuk sembuh Maka itulah manfaat terbesar terapi psikologis.

Diharapkan para pengguna narkoba bisa mengidentifikasi dirinya sendiri untuk mencegah kembali terjebak pada penyalahgunaan narkoba. Sehingga mereka bisa benar-benar keluar dari jeratan narkoba tanpa khawatir kembali pada lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Terapi bagi para pecandu narkoba memiliki beberapa tahapan. Mulai dari pendekatan secara emosional antara psikolog dan pasien hingga analisis dan pemecahan masalah.

Berdasarkan artikel dari detik.com, tempat rehabilitasi haruslah yang bisa menjadi solusi bagi pemulihan mental dan juga sosial. Salah satu lembaga swasta yang bisa dipercaya adalah Ashefa Griya Pusaka. Lembaga swasta ini memiliki banyak fasilitas yang bisa menunjang proses rehabilitasi. 

Rehabilitasi bagi para pecandu narkoba bukanlah perkara yang bisa dilakukan secara singkat. Untuk itu diharapkan bangsa ini bisa terlindungi dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Posting Komentar untuk "Peran Psikolog Dalam Proses Rehabilitasi Pencandu Narkoba"

List Blog Keren Rajabacklink