Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Berzakat Agar Manfaat Zakat Lebih Optimal Bagi Penerima

Fakta Penting - Zakat adalah rukun Islam keempat yang harus ditunaikan oleh setiap muslim. Berbeda dengan infak, terdapat ketentuan tersendiri untuk pembayaran zakat agar manfaat zakat bisa optimal dan sesuai syariat.

Terdapat 8 golongan orang yang berhak menerima zakat. Secara ringkas 8 golongan tersebut yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim atau orang yang terlilit hutang, orang yang berjuang fii sabilillah dan Ibnu sabil atau orang yang melakukan perjalanan.

Setidaknya ada 5 tips yang bisa kita terapkan agar zakat yang kita berikan bisa lebih berkah. Apa saja tips nya, simak uraian ringkas dibawah ini.

Ketahui Jenis Zakat

Dalam Islam dapat dibedakan menjadi dua. Yang pertama setiap bulan Ramadhan. Dan yang kedua adalah zakat mal yang ditunaikan untuk membersihkan harta yang kita miliki.

Ketahui Syarat Muzakki

Seorang Muzakki atau seseorang yang dikenai wajib zakat memiliki syarat tertentu. Empat syarat yang harus dimiliki oleh Muzakki yaitu seorang muslim, baligh dan berakal sehat, memiliki harta serta telah mencapai nisab.

Keluarkan Zakat Sesuai Kadar dan Waktunya

Zakat fitrah tidak bisa dikeluarkan dengan jumlah atau pada waktu sesuka hati kita. Zakat fitrah haruslah ditunaikan pada bulan Ramadhan, apabila ditunaikan setelah sholat idul fitri maka zakat tersebut tidak terhitung zakat melainkan sedekah biasa. 

Hitunglah dengan Kalkulator Zakat

Zakat mal adalah zakat yang wajib ditunaikan setelah harta yang kita miliki mencapai nisab yang ditentukan syariat. Namun untuk jumlahnya tentu setiap orang berbeda. Maka sebaiknya gunakan kalkulator untuk menghitung agar tidak ada kekeliruan dalam mengeluarkan zakat. 

Pilih Lembaga Zakat Terpercaya 

Memilih lembaga zakat yang terpercaya adalah salah satu upaya mengoptimalkan manfaat dari zakat yang kita tunaikan. Terlebih lagi di era digitalisasi seperti saat ini di mana ada banyak lembaga zakat online yang bisa kita jadikan pilihan.

Sekarang, kalian bisa berzakat dengan mudah melalui GoAmal. GoAmal merupakan platform donasi online dari BSI Maslahat yang memberikan kemudahan berzakat di mana pun dan kapan pun.

Yuk tunaikan zakat sekarang melalui GoAmal – Beramal dengan Maksimal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Tips Berzakat Agar Manfaat Zakat Lebih Optimal Bagi Penerima"

List Blog Keren Rajabacklink